10/29/2013

Sombong Tipe Dua

Kalo kalian tau bahwa sombong itu gak baik, mungkin kalian sebaiknya tau juga kalo sombong tuh dibagi jadi dua. Yang pertama; sombong yang terang-terangan, alias diumbar-umbar, alias sombong yang diperlihatkan ke orang lain. Jenis yang ke dua; sombong kepada diri sendiri. Alias cuma kita doang yang tau.
Kalo kalian tanya gue tau dari mana, maka jawaban gue adalah, itu pendapat gue sendiri. Hahaha. Mana yang lebih bahaya? Kita sama-sama tau keduanya gak baik. Tapi lagi-lagi menurut gue, jenis yang ke dua itu lebih berbahaya.
Kenapa?
Karena sombong tipe ke dua ini jarang banget kita sadari. Itu yang jadi bahaya. Gini deh, saat kita sombong secara terang-terangan, maka orang lain yang gak suka bakal ngomong sama kita. Dan kita masih bisa memperbaikinya kalo emang punya pikiran sehat, hahaha. Tapi kalo sombong pada diri sendiri, butuh waktu lama buat menyadarinya. Bahkan bukan gak mungkin kalo gak sadar-sadar. Dan itu bisa jadi ancaman buat diri kita sendiri.
Gue pernah jadi orang yang sombong tipe dua. Hiks, itu berlangsung sejak SMP. Entah sampe kapan, takutnya sekarang sisa-sisanya masih ada. Jadi dulu tuh dari jaman SD gue bergaul sama orang-orang pinter. Bisa disebut gue juga salah satu dari mereka, terbukti dari nilai sehari-sehari dan angka-angka yang berderet manis di rapor. Gue terbiasa bersaing, tapi sehat. Gak ada nyontek, apalagi ngerjain tugas rumah di sekolah. Waktu kelas enam akhir, gue justru memutuskan buat masuk SMP swasta. Padahal NEM gue jelas cukup untuk masuk ke SMP Negeri dengan kluster pertama.
Beruntung, nyokap dukung. Sementara bokap hampir gak pernah ikut campur masalah sekolah anak-anaknya. Singkatnya, gue pun masuk ke sekolah yang dituju. Itu sekolah islamic plus gitu. Tentu gue banyak dapet tantangan baru, misalnya di pelajaran tahfidz yang menargetkan kita hapal surat-surat di Juz 30 Al-Quran. Ada juga Bahasa Arab, yang sampe sekarang malah menguap entah ke mana.
Di sekolah itu gue seneng karena deket sama guru-gurunya. Gue banyak punya prestasi. Mulai dari juara kelas, juara umum tiga tahun berturut-turut, menjabat sebagai ketua OSIS waktu kelas 8 dengan realisasi program kerja terinovatif dan terbaik, sampe juara 3 lomba Bedah Buku se-Jawa Barat di Pusda Jabar.
Gue akuin, emang di sekolah itu saingan gue gak terlalu banyak, meski seringkali hampir kejar-kejaran nilai sama temen-temen dari kelas sebelah. Karena kebanyakan murid di sekolah itu adalah anak-anak orang kaya, —superkaya, malah. Dan mereka sekolah cuma buat dapet ijazah doang. Sementara gue adalah anak dari kelas menengah ke bawah yang jumlahnya sangat minor di situ, tapi gak pernah sedikitpun merasa minder karena gue bisa membuktikan diri di sana. Indah banget deh masa SMP gue. Dan di penghujung tahun sekolah, gue mendapat kejutan manis: menyandang sebagai Murid Teladan Peringkat Pertama. Hahaha padahal gue sering banget telat dan dihukum :p
Gue akhirnya memutuskan —dipaksa, sih— melanjutkan sekolah di SMKN 13 Bandung. Sekolah Analisis Kimia terbaik di Bandung. Terngeri juga :( . Kalo lancar, kita bisa lulus empat tahun kemudian. Kalo gak lancar, bisa lebih dari itu, atau bahkan gugur sebelum waktu tersebut. Gue satu-satunya yang masuk situ dari SMP gue. Gak ada yang mau. Terlalu mengerikan, terlalu-beresiko-merampas-masa-muda-gue-dan-eloooo
Gue masuk situ setelah nyusul psikotes ke UPI sendirian—ditemenin nyokap, sih— karena telat. Yang lain mah udahan. Gue lolos, dan nilai psikotes gue peringkat tiga tertinggi. Lagi-lagi gue merasa ini semua mudah bagi gue.
Aaakkkk ternyata gue salah! Masuk ke situ sangat horror. Terlalu berat untuk anak remaja seperti kami yang ada di dalamnya. Terlalu mengerikan, terlalu-beresiko-merampas-masa-muda-gue-dan-eloo.. ini nyata. Gue juga denger kalo sekolah analisis kimia di kota lain juga begitu. Ibarat masuk kandang singa yang lagi kelaparan. Bagian paling sulit adalah proses bagaimana kita bisa keluar dari situ. Hidup-hidup, tentunya. Banyak temen gue yang gak kuat dan sekarat di tangan singa itu, memilih pindah ke kandang lain yang lebih jinak penghuninya.
Prestasi dan produktivitas gue berbalik hampir 180 derajat dibandingkan waktu SMP. Tiap tahun dapet sepuluh besar, sih. Tapi gak pernah puas, karena rasanya masih banyak yang lebih layak mendapatkan itu. Gue juga dapet sepuluh besar pasti gara-gara faktor X. Gak tau apaan. Yang jelas gue merasa bodoh di sekolah ini. Walaupun gak sendirian tentunya.
Dar sinilah awal kesadaran kalo selama ini gue udah sombong. Kalo gue terlalu banyak menyepelekan banyak hal, bahkan menyepelekan temen sendiri. Selama ini gue kurang bisa menghargai pendapat temen sekelompok, menganggap bahwa ide-ide mereka gak mutu. Apapun harus di bawah kuasa gue. Ya Tuhan, segitu jahatnya gue yaa. Dibutakan oleh kemenangan-kemenangan kecil. Kerdil banget gue :(
Mungkin temen-temen SMP gue yang dulu, sekarang udah lebih banyak yang lebih pinter dari gue, lebih sukses. Maafin gue ya yang mungkin pernah menghalangi kalian berekspresi dan berapresiasi. Maafin aku Ya Tuhan.
Emang bener, di atas langit masih ada langit. Kalimat yang gue tau dari dulu, tapi baru gue sadari betul-betul kini. Semoga gak ada yang terlambat. Semoga masih ada waktu untuk menjadi lebih baik. Aamiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar