4/14/2015

A Bitter February



Paaiiiiitttt!
Awal Februari pait bener!
Sekarang gue ngetik blog ini di kosan baru. Kosan gue yang ke-tiga. Dan mudah-mudahan bisa pindah lagi ke yang lebih bagus kalo udah nemu lagi. Emang, sih, lebih gede dari yang kemarin. Tapi gak ada buat dapurnya, rada susah kalo mau masak. Kasian stok di kulkas keburu layu. Terus nyamuknya hadeeuuh pada ganas mengisap darah di tubuh gue yang cuma segitu-gitunya lagi.
Ada yang mau nanya; kenapa pindah?
Ah, pertanyaan yang bagus andai ada yang nanya.
Jadi bisa dibilang, gue baru saja diusir. Tepatnya 4 Februari lalu. Kok bisa?
Apakah telat bayar? Bukan!
Apakah berzina dengan pacar? Bukan, heh!
Apakah berzina dengan yang bukan pacar? Bukan, woooyyy!!!
Apa dong? Ini gara-gara air. Lagi-lagi air. Gara-gara air mengesankan yang salah adalah si air. Padahal bukan, sih. Emang gue yang salah. Jadi begini…
Di suatu pagi yang dingin oleh gerimis, gue terbangun. Sambil ngucek-ngucek mata yang mungkin masih belekan, gue melangkah lunglai ke kamar mandi dengan handuk di tangan. Ngocorinlah kran yang ternyata airnya gak ngocor. Kemudaian gue mengendap-endap ke luar kamar kosan, menuju saklar air di kamar kosan paling pojok. Ternyata emang posisinya off. Kalian tau, lah, apa yang kemudian gue lakukan.
Pas mau mandi banget, si air gak juga keluar dari krannya. Buat wudhu sama mandi seperlunya (gue biasanya hambur kalo mandi) mah cukup. Tapi udah menjadi kebiasaan gue untuk mengisinya kembali sampai penuh setelah habis gue pakai.
Karena kran air gue emang udah lama dol, you know ‘dol?’, jadi gue rada ragu pas nutup kran. Apakah udah tertutup sempurna (cailah), ataukah sebenernya masih kebuka?
Setelah selesai mandi, sayup terdengar bisik-bisik tetangga tentang celetukan gak bisa mandi. Wah, ternyata emang si air gak mau keluar –atau gak bisa, kayaknya. Sebelumnya emang udah sering mesinnya mati. Jadi kalo air gak keluar tuh bukan karena sumber airnya yang habis, tapi alatnya bermasalah.
Kerjalah gue, meninggalkan kosan dengan sedikit keyakinan bahwa kran sudah tertutup (dengan benar). Hal itu gak membuat gue kepikiran di tempat kerja. Pulangnya malah main sampe malem jam sembilan, makan bakmi dan eskrim. Seru banget dan lumayan banyakan.
Nah, pas gue turun dari angkot pulangnya, ada telepon dari nomor tak beridentitas. Gue angkatlah:
“Hallo?”
“Hallo, Bel?” Suara laki-laki. Terdengar asing di seberang sambungan.
“Ya, siapa?”
“Arif..”
Arif mana, nih? Yang terlintas di pikiran gue hanya dua Arif: Arief temen di rumah, atau Arif anak PKL Smakbo di tempat kerja gue. Terus gue tanya aja ini Arif yang mana.
“Arif kontrakan..”
Ooohhh.. baru ngeuh kalo tetangga kosan ada yang namanya Mas Arif. Dhuuarrrrrrr!!! Langsung bad feeling: jangan bilang tentang air, plis!
Tapi sayangnya dia bilang air. Ya, air dari kosan gue ngalir terus. Dia nanya gue di mana. Gue bilang lagi jalan ke situ. Setibanya di depan gerbang, you know what I saw?
Air meluber? Bukan!
Kosan tenggelam? Bukan!
Ada ikan mati? Ngaco.
Bapa kosan? Ya! Dengan berkacak pinggang dan nada bicara tinggi mulai mengomeli gue. Dengan disaksikan beberapa pasang mata, termasuk tiba-tiba ada kucing kawin lagi anuan depan kita (sumpah ini kucing gak tau sikon), dia sesumbar;
“Kamu, ya! Kan saya udah bilangin kalo kran tuh harus ditutup!”
“Iya maaf, toh saya ngerasanya udah nutupin. Mana saya tau kalo ternyata airnya keluar, posisinya mah udah beneran nutup kok.”
“Dibilangin masih gak ngaku. Udah jelas airnya keluar terus. Saya diomelin kontrakan lain karena gak kebagian air. Airnya ngalir ke kamu doang.”
Keren, euy. Ada kontrakan bisa ngomel!
“Ya maaf da gimana. Saya ngerasanya udah ditutup, krannya dol. Kalo gak ada air yang keluar mana saya tau dia masih terbuka atau enggak.” Kata gue sambil masuk ke dalam, ngecek kamar mandi. Air penuh, netes-netes. Katanya udah dimatiin dari mesinnya.
“Kan saya udah bilang, kalo kran rusak tuh bilang.”
Anjriit udah gini baru aja. Waktu atap gue bocor, gue ngomong ke dia. Responnya apa? ‘Yaa nanti’ . kapankah ‘nanti’ itu? Sampai sekarang gak ada tindak lanjut. Waktu lubang kunci gue rusak, sampe berhari-hari gak bisa dikunci, gue berangkat kerja, pintu gak ngunci; waktu gue mandi, waktu gue tidur, gak kekunci Man! Ada gak dia tanggung jawab? Sampe gue sendiri yang akhirnya beli. Yang masangnya si Mas Arif itu sama yang di sebelahnya. Dia baru ke kosan gue pas udah hari ke sepuluh. Haloooo???
Lalu mata-mata manusia yang tadi ‘nonton’ ceramah bapakos, lebih memilih melihat hal lain di dalam kamar kosan  masing-masing. Tapi gue yakin seyakin-yakinnya, telinga mereka masih terbuka dan dapat mendengar dengan jelas apa yang kami cakapkan.
“Kalo kamu gak suka, jangan di sini. Keluar aja!” Kata Bapakos.
“Okeeeh..” Nada gue dibikin senyebelin mungkin. Entah kenapa gue jadi bersemangat menimpali.
“Kalo perlu, malam ini juga kamu keluar!” Sambung si Bapakos.
“Okeeeyy.” Tentu saja untuk yang ini, gue gak mau bodoh. Dikiranya barang gue cuma sekarung baju doang apa?!
Sambil menutup pagar, dia bilang, “Kalo kamu menerima salah dan dosa kamu, kamu boleh di sini.”
H a l l o ? S a l a h  d a n  d o s a ? w-o-w
Who do you think you are, Dude? Lu Tuhan, gitu? Gue udah minta maaf juga keles. Udah mengakui salah pula.
Maka, pemirsa, esoknya pulang kerja, gue dan pacar mencari-cari kontrakan kosong. Apa daya, banyak yang gak sesuai kriteria. Jadilah sekarang gue di sini: kosan baru (lagi). Malam itu juga gue langsung pindahan. Dibantu pacar, Bangkit, Tebe, dan jasa angkut pindahan tentunya. Setelah lebih dari setahun, akhirnya tiba juga gue harus pindah.
Sebelumnya juga emang udah ada kepengen pindah, sih. Pengen yang rada luas. Mungkin emang harus gini caranya baru pindah? Haha. Tapi gue udah ngerugiin orang, dengan teledor matiin kran –yang udah dol. Maafin, ya, tetangga..
Mudah-mudahan gue betah di sini. Walaupun atmospherenya beda dengan waktu gue nempatin kosan lama. Hmm. Gini, ya, merantau tuh. Mungkin perantau lain pernah ngalamin yang lebih pait daripada gue. Segini juga bersykur masih ada yang nerima, masih ada yang layak huni.
Alhamdulillah.
Segitu dulu kali, pemirsa, curhatan gue hari ini. Semoga bisa diambil hikmahnya. Jangan ditiru keteledoran macam gue. Kan konyol endingnya harus begini -___-
Save water! #SelfReminder

Tidak ada komentar:

Posting Komentar